10 Pantai Indah di Garut Wajib Kamu Kunjungi, Mana Yang Dekat Bandung dan Masih Tersembunyi?

Garut adalah salah satu kabupten di provinsi Jawa Barat yang menawarkan banyak sekali pilihan wisata, baik itu dari kuliner, belanja hingga alam berupa pegunungan maupun pantai.

Bahari di kota dodol ini panoramanya tergolong cukup eksotis dan menakjubkan, tak kalah indah bila dibandingkan dengan pantai Indrayanti Jogja, Bali dan juga di Pangandaran.

Bagi para pengeksplor bahari, ada pantai di Garut yang bagus untuk dikunjungi. Meski beberapa diantaranya cukup tersembunyi, namun kita masih bisa menikmati pemandangan indahnya.

Tanpa basa-basi, langsung saja yuk kita simak apa saja sih daftar nama pantai terbaik dan terbaru 2022 yang terkenal di sekitar kota dodol satu ini. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Santolo

foto by kompasiana.com

Alamat: Ds.Pamalayan, Kec.Cikelet, Kab.Garut, Jawa Barat, Indonesia
Map: Klik Disini
Jam Buka: 05.00-Malam hari
HTM: Rp.3.000

Eksotis, satu kata paling tepat untuk menggambarkan keadaan bahari terindah di daerah Cikelet yang dikenal dengan nama pantai Santolo Cilauteureun ini.

Mancing, berenang, membeli ikan, bermain banana boat hingga berfoto ria adalah hal paling seru yang bisa kita lalukan untuk menghilangkan kepenatan di lokasi dekat pantai Jayanti ini.

Meskipun terkenal angker namun objek wisata yang memiliki darmaga ini telah dilengkapi beraneka macam penginapan, seperti hotel, villa hingga resort.

2. Cicalobak

foto by adrasablog.com

Alamat: Ds.Mekarsari, Garut Regency, West Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Meskipun belum begitu populer di kalangan wisatawan dan dibutuhkan waktu sekitar 4 jam dari Bandung untuk sampai ke lokasi tersebut, namun bukan berarti pantai ini tidak menarik ya.

Pantai yang bersih dan dihiasi dengan batu karang ini meskipun belum sepenuhnya dikelola oleh warga ataupun pemerintah tapi suasananya sangat bagus untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi.

Puas berfoto dengan spot batu karang yang berlatarkan laut lepas, kita juga bisa duduk santai di atas tebing pantai sembari menanti momen matahari terbenam kembali ke pelupuknya.

3. Cijayana

foto by gunungkidulku.com

Alamat: Ds.Cijayana,Kec.Bungbulang, Kabupaten Garut, Jabar
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Rp.2.000/orang

Selain posisinya yang terlihat seperti berada di atas ketinggian dan memiliki ombak begitu besar mencapai 1 meter, maka tak heran bila tempat ini diberikan julukan sebagai “laut diatas awan”.

Dan bila beruntung, kita juga dapat mengikuti tradisi unik berburu impun atau ikan-ikan kecil yang berasal dari sungai, masyarakat setempat biasanya menyebutnya dengan istilah “Nyalawena”.

4. Cijeruk Indah

foto by wisata-tanahair.com

Alamat: Ds.Sagara, Pameungpeuk, Kab.Garut, Jawa Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Rp.6.000/orang

Dengan harga tiket masuk cukup murah yakni berkisar 6 ribuan per orang, kita sudah bisa menikmati keindahan pantai unik yang ada di desa Sagara kecamatan Pameungpeuk ini.

Disebut unik karena di area pantai Cijeruk milik sebuah yayasan ini kita akan disuguhi pemandangan bahari yang indah dihiasi dengan 2 warna air berbeda yaitu biru dan hijau kecoklatan.

Dan karena keindahannya yang ditawarkan kini deretan foto dan juga gambar obyek Cijeruk ini pun sudah tersebar di sejumlah media sosial mulai dari instagram, kaskus hingga youtube.

5. Karang Paranje

foto by wisata-tanahair.com

Alamat: Ds.Karyasari, Kec.Cibalong, Garut, Jawa Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Meski berada jauh di desa Karyasari Cibalong, namun pantai Karang Paranje ini selalu lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan baik itu dari lokal maupun mancanegara.

Memiliki ciri khas dengan batu karang besar dan ada gazebo diatasnya, mirip seperti Tanah Lot Bali, kawasan ini menyuguhkan sensasi seru saat ombak besar datang menghantam bebatuan tersebut.

Dengan keindahan yang ditawarkan, maka sangat wajar bila spot Karang Paranje ini menjadi salah satu list destinasi paling rekomendasi buat dikunjungi.

6. Puncak Guha

gambar by tripadvisor.com.au

Alamat: Ds.Sinarjaya, Kec.Bungbulang, Kab.Garut, Jawa Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000/orang

Populer lewat sebuah novel berjudul “Perahu Kertas” karya Dea Lestari, kini bahari Puncak Guha yang terkesan romantis di dekat pantai Santolo ini semakin ramai dikunjungi setiap harinya.

Objek wisata ini terbilang cukup unik karena memiliki tebing tinggi yang mana berbatasan langsung dengan laut dan dibawahnya terdapat sebuah goa kalelawar.

Meski untuk menuju bibir pantai kita harus menuruni tebing yang curam, namun semuanya itu akan terbayar puas ketika kita melihat panorama cantik dari Puncak Guha ini.

7. Rancabuaya

foto by maringetrip.com

Alamat: Ds.Purbayani, Kec.Caringin, Garut Selatan
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000/Orang
No.Telp: (022)7273 209, 7103 605

Bahari Rancabuaya yang berjarak sekitar 135 km dari pusat kota Garut ini disebut-sebut sebagai salah satu “surga tersembunyi”, hal ini karena letaknya berada di desa terpencil Purbayani.

Bila pada umumnya bahari menyajikan hamparan pasir, Rancabuaya ini justru sangat unik, dimana di lokasi tersebut ada air terjun dan batu karang yang berbatasan langsung dengan samudera hindia.

Meskipun lokasinya tersembunyi namun fasilitas di area ini sudah cukup lengkap mulai dari gazebo, penginapan, hingga warung makan dengan harga terjangkau telah disediakan di area tersebut.

8. Manalusu

foto by adrasablog.com

Alamat: Ds.Cigadog, Kec.Cikelet, Garut
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Walau tak sepopuler bahari Santolo serta Sayang Heulang, namun Taman Laut pantai Manalusu di Cigadog ini memiliki panorama begitu indah dengan hamparan pasir laut dan gugusan karang terjal.

Bahari ini sendiri tergolong sebagai salah satu destinasi wisata baru, namun namanya langsung melejit dan kini terkenal sebagai salah satu tempat memancing favorit oleh masyarakat sekitarnya.

9. Sayang Heulang

foto by lifestyle.okezone.com

Alamat: Ds.Mancagahar, Pameungpeuk, Garut
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Rp.10.000

Termasuk sebagai salah satu bahari terbagus di wilayah kabupaten Garut, pantai Sayang Heulang ini hadir menyajikan keindahan dan keeksotisan panorama yang luar biasa.

Tak hanya menyuguhkan keindahan sunset yang sangat sempurna, lokasi ini juga menawarkan spot paling tepat untuk berkemah, bermain voli ataupun berenang.

10. Cidora

foto by iwok.blogspot.com

Alamat: Ds.Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000/orang

Dengan kondisi yang bersih dan masih sangat alami, bahari Cidora di desa Purbayani ini hadir menampilkan pesona alam sangat mengagumkan.

Walaupun ombaknya masuk dalam kategori bahaya namun area tersebut terbilang cukup aman bila ingin sekedar bermain air, tapi tidak untuk berenang ya.

Dan selain beberapa daftar diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi destinasi menarik lainnya yang lokasinya juga terdekat ke Garut, seperti:

– Cipatujah beach
– Darajat Pass
– Bobos beach
– Bahari Karang Papak
– JSC Malangbong
– Sancang beach