Cara Booking Tiket Pantai 3 Tiga Warna Malang Selatan dan Bagaimana Akses Menuju Lokasi?

Diposting pada
Cara Booking Tiket Pantai 3 Tiga Warna Malang Selatan dan Bagaimana Akses Menuju Lokasi?

Lokasi: Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jatim
Map: Klik Disini
HTM: Rp.6.000
Buka Tutup: 05.00-14.00 WIB
Nomor Telepon: 081233339889

Malang Selatan adalah salah satu kota yang mempunyai banyak pilihan tempat wisata, apalagi wisata pantai. Karena hal inilah, Malang disebut sebagai Kota Seribu Pantai.

Hal ini disebabkan bukan hanya banyaknya jumlah wisata pantai yang bertengger di sini, namun karena begitu indahnya pemandangan yang berada di sekitar pantai dan sebagian besar pantainya dikelilingi dengan bukit-bukit serta pulau kecil di seberang pantai yang bisa memanjakan para wisatawan.

Salah satu pantai di Malang yang menunggu Anda kunjungi adalah Pantai 3 Warna. Mendengarnya saja mungkin sudah membuat Anda sangat penasaran dan ingin melihat secara langsung sebenarnya seperti apa Pantai 3 Warna ini?

Pasti Anda begitu penasaran dengan pesonanya bukan? Pantai 3 Warna tidak kalah dengan pantai-pantai di Banyuwangi, Jogja, Madura hingga Bali.

foto by instagram.com/alfian.ap98/

Jika menengok di peta, Pantai 3 Warna bersebelahan dengan Sendang Biru, dekat dengan Air Terjun Telaga Warni, hingga dekat dengan Laut Dampit. Pantai 3 Warna berada dibawah pengelolaan Bhakti Alam.

Para anggotanya ialah masyarakat yang tinggal di daerah sekitar. Pantai 3 Warna ada di wilayah konservasi namun dijadikan sebagai tempat rekreasi serta wisata. Sudah pasti hal ini bukan semata-mata untuk mencari keuntungan dan memanfaatkan indahnya wisata Malang.

Pihak manajemen ingin memperkenalkan seperti apa keindahan alam yang berada di Indonesia dan mengedukasi para wisatawan jika menjaga kelestarian alam merupakan hal yang wajib untuk dilakukan, seperti adanya beberapa peraturan saat Anda berkunjung di salah satu pantai Jawa Timur ini.

foto by instagram.com/agumlf/

Bersih dan Asri

Pantai 3 Warna merupakan salah satu pantai yang terjaga kebersihannya. Anda bisa membandingkan Pantai 3 Warna dengan pantai-pantai yang lainnya. Saat tiba di Pantai 3 Warna, Anda akan di data oleh petugas yang menjaga pantai, mulai dari barang apa yang Anda bawa, berapa jumlah barang yang Anda bawa.

Lebih-lebih barang-barang yang berbau sampah. Setiap barang yang Anda bawa masuk dalam pantai wajib Anda bawa kembali di tempat pendataan barang tadi. Bila ada satu barang yang hilang, Anda harus membayar Rp 100.000 untuk per barangnya.

Memang, sedikit merasa aneh bila melihat pantai yang mempergunakan sistem reservasi sebelum masuk. Namun, inilah yang menjadikan 3 Warna Beach menjadi sangat indah dan menarik untuk dikunjungi.

Lebih-lebih pengelola Pantai 3 Warna membatasi jumlah pengunjung per hari, 100 pengunjung. Dengan perjanjian seperti di atas, pengunjung yang datang harus membawa kembali sampah maupun bungkus makanan ke pantai ini.

Pantai 3 Warna termasuk area Rehabilitasi serta Konservasi Mangrove, Hutan Lindung Desa Sitiarjo, Terumbu Karang, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kab Malang. Alamat Pantai 3 Warna berada di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jatim.

foto by instagram.com/paketwisatamalangbromo/

Perbedaan Warna

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang bisa menyebabkan Pantai 3 Warna ini memiliki perbedaan warna. Untuk warna merah yang berada di Pantai 3 Warna, hal ini dikarenakan oleh pembiasan cahaya matahari.

Seperti yang kita ketahui, cahaya matahari terdiri 7 warna berbeda. Masing-masing warna mempunyai panjang gelombang yang berbeda pula.

Semakin panjang gelo0mbang, maka semakin kecil pula kekuatan warna untuk menembus air, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, warna merah di Pantai 3 Warna hanya berada di kedalaman yang tidak lebih dari 20 meter.

Selain warna merah, di Pantai 3 Warna terdapat warna hijau. Warna hijau yang berada di Pantai 3 Warna disebabkan oleh beberapa hal seperti pengendapan lumpur dari dasar laut hingga plankton-plankton dalam jumlah yang besar.

Warna terakhir, adalah warna biru. Warna biru, seperti yang kita ketahui warna biru adalah warna yang menjadi warna laut biasanya.

foto by instagram.com/syamsudintimoty/

Peraturan dan Persyaratan

Hal yang harus diacungi jempol dari pihak manajemen pengelola ialah mereka tidak mengeksploitasi keindahan Pantai 3 Warna. Hal ini dibuktikan dengan motto “No Negotiation if Full Booked” sehingga, pihak manajemen tidak akan terlena dengan uang.

Seperti yang kita ketahui, terdapat kuota maksimal pengunjung yang datang setiap hari. Sudah pasti hal tersebut dilakukan untuk menjaga kelestarian serta kealamian dari wisata pantai ini.

Berikut berbagai macam persyaratan serta peraturan di Pantai 3 Warna, antara lain:

  • Pemesanan dan kuota pengunjung

Pihak manajemen dari Pantai 3 Warna memberikan sistem reservasi serta batasan pengunjung. Pengunjung yang masuk tidak boleh lebih dari 100 orang untuk per gelombangnya. Kuota maksimal per group adalah 10 orang dan tidak boleh lebih dari jumlah tersebut.

Untuk pemesanan, pastikan jumlah kelompok yang akan ke Pantai 3 Warna, dan kapan tanggal keberangkatannya. Anda bisa menanyakan ke pihak manajemen terlebih dulu, apakah kuota yang berada di tanggal tersebut sudah cukup atau belum.

Bisa masih kosong, Anda bisa memesannya, bila sudah penuh Anda harus menunda keberangkatan. Untuk pemesanan ketika weekend, usahakan untuk memesan 1 bulan sebelumnya, untuk weekday usahakan 1 minggu sebelum keberangkatan.

foto by instagram.com/memianggara/

Tiap kelompok wisatawan wajib menggunakan jasa tour guide ini. Besaran biayanya Rp 75.000. Tour guide ini akan menemani dan menjadi teladan Anda selama berada di Pantai 3 Warna. Tour guide juga akan mengingatkan saat para wisatawan melakukan hal-hal yang bisa merusak kelestarian alam Pantai 3 Warna.

  • Berpartisipasi melestarikan alam

Bagaimana cara kita berpartisipasi untuk melestarikan alam? Caranya, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk yang senilai dengan sebuah pohon bakau.

foto by instagram.com/kenntianugrah/

Seluruh barang bawaan Anda akan mengalami pemeriksaan oleh pengelola. Lebih-lebih bungkus makanan. Seluruh barang akan dicatat dan saat pulang, bungkus makanan harus dibawa pulang untuk menjaga kebersihan Pantai 3 Warna.

Dari bulan September tahun 2015 yang lalu, pengelola Pantai 3 Warna memberlakukan sebuah sistem libur, sehari dalam seminggu. Hari yang dipilih ialah hari Kamis. Sehingga bila Anda ingin berkunjung ke Pantai 3 Warna, hindari memilih hari Kamis.

foto by instagram.com/sintyaa.putri_/

Anda tidak diperbolehkan untuk menginap atau camping di Pantai 3 Warna karena Pantai 3 Warna termasuk kawasan konservasi. Anda diperbolehkan mendirikan tenda di pantai lain dengan biaya sewa lahan dan sewa tenda.

Bila Anda meninggalkan sampah, Anda akan dikenai denda sebesar Rp 100.000 per sampah. Jadi, tidak heran bila Pantai 3 Warna bebas sampah.

Setiap rombongan hanya diberi waktu selama 2 jam untuk menikmati seluruh panorama keindahan Pantai 3 Warna ini. Pihak tour guide akan mengingatkan Anda jika waktu akan habis.

Tips Mengunjungi

Agar Anda nyaman mengunjungi Pantai 3 Warna, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, seperti:

  • Pasang surut air laut. Sangat disarankan Anda mengunjungi Pantai 3 Warna ketika air laut sedang berada dalam kondisi yang normal. Pasang surut air laut akan sangat berpengaruh pada spot snorkeling yang dijelajahi. Bila sedang surut, petugas akan mengarahkan kita di area tertentu dan sayang bila Anda tidak bisa menjelajah seluruh keindahan di sana.
  • Membawa sandal gunung. Bila Anda mengunjungi Pantai 3 Warna saat musim hujan, tiap pengunjung disarankan memakai sepatu gunung atau sandal gunung. Karena, jalan yang akan Anda lalui sangat berbatu dan licin.
  • Melakukan persiapan fisik. Anda akan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama 2 jam untuk menikmati seluruh panorama bawah laut di Pantai 3 Warna. Sehingga pastikan Anda sedang berada dalam kondisi yang fit.
  • Membawa kamera anti air. Ke Pantai 3 Warna dan tidak mengambil gambar di sana? sepertinya akan sangat sayang. Jadi, usahakan membawa kamera untuk mengabadikan seluruh moment Anda.
  • Tiba sebelum siang hari. Perjalanan dari pos tiket masuk untuk sampai di Pantai 3 Warna memerlukan waktu selama 1 jam, sehingga usahakan tiba di Pantai 3 Warna sebelum jam 12 siang.

Jelajah Pantai

Selain akan dimanjakan dengan berbagai macam pemandangan pantai yang begitu indah dan dikelilingi dengan pegunungan yang cantik dan hijau, Anda bisa mandi untuk menambah keceriaan berwisata. Mandi di Pantai 3 Warna mempunyai berbagai macam manfaat seperti bisa berolahraga, hingga bisa mendapatkan kulit yang awet muda.

Bukan hanya awet muda, namun berenang di Pantai 3 Warna akan memperoleh manfaat kesehatan seperti memperbaiki metabolisme tubuh sehingga kinerja organ tubuh akan semakin baik.

Gerakan badan di dalam air menahan serta melawan arus air bisa membuat badan dan otot bekerja menjadi semakin keras. Dengan aktifnya badan, tubuh akan terus bergerak sehingga memacu otot untuk aktif.

Daya Tarik

Mungkin Anda penasaran, sebenarnya apa daya tarik dari Pantai 3 Warna ini. Salah satu kegiatan favorit yang dapat dilakukan di Pantai 3 Warna ialah snorkeling. Menikmati pemandangan di bawah laut Pantai 3 Warna tidak kalah indah dengan berbagai spot-spot snorkeling yang populer di Indonesia.

Jadi, tidak mengherankan jika Pantai 3 Warna menjadi spot snorkeling yang difavoritkan di Malang. Di Pantai 3 Warna sudah terdapat tempat penyewaan peralatan untuk kegiatan snorkeling, sehingga Anda tidak perlu binging-bingung mencari peralatannya.

foto by instagram.com/paketwisatamalangbromo/

Rute Menuju Lokasi

Disarankan, ketika akan mengunjungi Pantai 3 Warna, lebih baik Anda menggunakan sepeda motor dibandingkan dengan menggunakan mobil. Tempat parkir mobil ada di jarak yang jauh dari Pantai 3 Warna.

Perjalanan dari tempat parkir mobil ke pos pendataan memerlukan waktu selama 15 menit. Selain itu menggunakan motor juga semakin efisien karena Anda tidak akan terjebak macet saat berada di jalanan sempit.

Sebelum berjalan ke Pantai 3 Warna, Anda ditawari 2 pilihan rute yang akan Anda tempuh. Pilihan rute ini ialah By Pass serta Full Track. Berikut kedua rute tersebut:

  • By Pass. Rute ini merupakan rute yang paling cepat dan bisa Anda tempuh dalam waktu 1 jam dengan berjalan di tengah perkebunan dan ladang. Rute ini biasanya dipilih oleh para wanita,
  • Full track. Rute ini cocok untuk Anda yang gemar adventure. Rute ini melewati serta menyusuri pantai sebelum sampai di Pantai 3 Warna. Track ini bukan hanya menyisir pantai, namun juga naik turun 3 buah bukit dengan pemandangan begitu memukau Anda. Anda harus menempuh rute ini dalam 2 hingga 3 jam,
  • Dua rute. Anda bisa mencoba kedua rute tersebut, seperti berangkat menggunakan rute full track dan saat pulang menggunakan rute by pass.

Bila memilih rute full track, Anda akan dimanjakan oleh pantai-pantai indah, seperti:

  • Pantai Clungup. Sebelum sampai di pantai ini, sekitar 10 hingga 15 menit perjalanan dari pendataan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan deretan hutang Mangrove. Dari sini, Pantai Clungup memiliki jarak 500 meter saja. Setelah itu Anda akan melihat eloknya pemandangan pasir yang membentang dengan luas di sepanjang Clungup. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk mendirikan tenda. Jadi, jika ingin menginap di sekitar Pantai 3 Warna, Anda tidak akan menginap di hotel, namun camping.
  • Pantai Gatra. Untuk menuju pantai gatra, perjalanan akan menempuh pendakian bukit. Anda tidak perlu cemas karena bukit ini tidak tinggi, lebih-lebih bila Anda sampai di puncak bukit, pasti Anda akan terpesona dengan pemandangan yang elok di atas bukit. Setelah turun bukit, Anda akan langsung menjumpai Pantai Gatra. Di sini, Anda juga bisa mendirikan tenda untuk camping,
  • Pantai Savana. Jangan salah, Kepulauan Raja Ampat bukan hanya terletak di Papua Barat, namun di sini terdapat pantai mini dan Anda akan menjumpai Raja Ampat khas Malang Selatan. Warna air di sini begitu jernih dan berhias batuan kecil dan karang di pinggir pantai sehingga semakin menambah indah pantai kecil ini.
  • Pantai Watu Pecah. Untuk pantai yang satu ini, ia berada di barat Pantai Mini. Pantai ini disebut dengan Watu Pecah karena terdapat batu karang yang memiliki ukuran besar dan terbelah menjadi dua, batu ini bisa Anda naiki dan dibuat untuk latihan memanjat tebing.
  • Pantai 3 Warna. Setelah mendaki satu bukit, tibalah Anda di Pantai 3 Warna.

Cara Booking dan Harga Tiket Masuk

Untuk reservasi Pantai 3 Warna, ada beberapa hal yang harus Anda simak, berikut diantaranya:

  • Pastikan terlebih dulu hari keberangkatan dan kapan Anda tiba di Pantai 3 Warna,
  • Pastikan jumlah anggota yang ikut dalam rombongan. Untuk satu rombongan maksimal 10 orang, 1 guide,
  • Pemesanan dapat Anda lakukan dengan melalui telepon atau SMS di nomor 081233339889,
  • Tiket masuk Rp 6000 per orang,
  • Sedangkan sewa guide Rp 100.000 per rombongan. Bila Anda ingin camping di Gatra atau Clungup, Anda dapat menyewa tenda dengan harga sewa Rp 25.000 per tenda serta Rp 25.000 untuk penyewaan lahan.

Rute Lain

foto by instagram.com/ifan_bs/

Terdapat 2 pilihan rute untuk sampai di Pantai 3 Warna. Namun, rute yang lebih sering dipilih oleh para wisatawan adalah rute ke arah Pantai Goa Cina. Bila Anda dari Kota Malang, Anda harus mengambil jalan menuju Gadang Turen. Ikuti arah untuk sampai ke Pantai Sendang Biru.

Setelah berjalan selama 2 jam lamanya, nantinya Anda akan menemukan persimpangan ke Pantai Goa Cina atau Sendang Biru. Ambil jalan ke Pantai Goa Cina. Lurus saja sekitar 2 km hingga menemukan persimpangan jalan.

Segera ambil jalan ke arah TPI atau Tempat Pelelangan Ikan. Nantinya Anda akan masuk di perkampungan dan ambil arah ke Clungup Mangrove Conservation.

Rute untuk sampai di Pantai 3 Warna masih berlanjut, di daerah pintu gerbang Clungup Mangrove Conservation, Anda dapat melihat pintu masuk untuk menuju ke Pantai 3 Warna.

Agar sampai di pintu gerbang Pantai 3 Warna, Anda harus melalui Pantai Clungup dan Mangrove Conservation terlebih dulu.

Bila Anda mempergunakan sepeda motor, Anda bisa melalui jalan yang cukup sempit tersebut, namun bila Anda menggunakan mobil, Anda harus rela parkir beberapa ratus meter sebelum masuk di Mangrove Conservation. Nantinya Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Masih bingung untuk menuju Pantai 3 Warna ini? Anda bisa menggunakan Google Map, sehingga lebih mudah menemukan pantai ini.